Pentingnya Asuransi Usaha Bagi Pengusaha

asuransi bisnis

Munculnya covid-19 yang menjadi pandemi di dua tahun terakhir ini berdampak cukup signifikan di semua lini terutama pada sektor ekonomi. Dampak yang sangat terlihat adalah dengan banyaknya sektor usaha yang harus gulung tikar dan terjadi pemutusan hubungan kerja massal karena tidak mampu survive di masa pandemi ini. 

Sejak pertama membuka usaha, kemungkinan terburuk tentang kerugian dan gulung tikar sebenarnya sudah menjadi resiko yang harus dihadapi oleh pengusaha. Dalam perjalanan berkembangnya sebuah usaha pasti selalu ada resiko yang perlu dihadapi. Resiko yang mungkin muncul dalam berkembangnya sebuah usaha antara lain:

1. Persaingan

Sudah tidak bisa disangkal bahwa dalam membangun sebuah usaha pasti akan dihadapkan dengan persaingan. Untuk satu bidang usaha saja pasti banyak competitor yang ikut bersaing di dalamnya. Hal yang harus dilakukan adalah optimis dan tetap fokus serta disiplin dalam membangun usaha yang sedang kita kembangkan.

2. Kerugian

Tidak ada bisnis yang selalu untung. Semua pasti melalui fase kerugian. Perlu strategi yang baik dalam pengelolaan untuk menghindari atau setidaknya meminimalisasi munculnya kerugian dalam perkembangan usaha.

3. Pasar yang tidak stabil

Kondisi perekonomian yang naik turun terutama di kondisi pandemi seperti ini, mempengaruhi kondisi pasar yang juga menjadi tidak stabil karena daya beli masyarakat juga sangat bergantung dengan kondisi ekonomi.

4. Kebangkrutan

Inilah resiko yang paling ditakuti oleh setiap pengusaha. Dampak berkelanjutan dari kerugian dan kegagalan strategi bisa berakhir pada kebangkrutan hingga bukan tidak mungkin bila usaha itu berakhir pada gulung tikar.

Banyak upaya yang harus ditempuh oleh para pengusaha untuk tetap survive menghadapi segenap resiko yang mungkin terjadi ketika mengembangkan sebuah usaha. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti asuransi.

Seperti yang kita ketahui, asuransi adalah sebuah perjanjian yang dilakukan oleh dua belah pihak dimana pihak pertama berkewajiban untuk membayar iuran wajib secara rutin kepada pihak kedua dengan imbalan ganti rugi ketika terjadi resiko finansial secara tidak terduga. Kita biasa mengenal asuransi kesehatan dan juga asuransi jiwa. Ternyata selain itu masih ada asuransi yang bisa memberikan perlindungan pada bisnis dan usaha kita. Asuransi usaha ini dapat membantu kita untuk survive melawan segenap resiko yang mungkin bisa terjadi pada usaha yang sedang kita kembangkan. Apa pentingnya asuransi usaha bagi para pengusaha? Simak beberapa pentingnya asuransi usaha bagi para pengusaha.

Pentingnya Asuransi usaha bagi para pengusaha

1. Menjadi backup ketika terjadi kerugian

Tidak ada usaha yang tidak mengalami kerugian di fase berkembangnya usaha tersebut. Mau tidak mau pengusaha harus bersiap dengan resiko kerugian yang sangat mungkin terjadi. Salah satu antisipasi terbaik adalah dengan asuransi usaha. Asuransi usaha bisa membackup kerugian yang terjadi pada usaha yang sedang dijalankan sehingga bisa menghindari dampak yang lebih berat bahkan resiko kebangkrutan karena pihak asuransi yang akan menanggung kerugian yang muncul. 

2. Melindungi aset yang dimiliki dalam usaha tersebut

Ketika menjalankan sebuah usaha pasti ada aset yang dimiliki yang gunanya untuk fasilitas dalam usaha tersebut. Entah itu property ataupun transportasi. Ada baiknya untuk mempertimbangkan mengasuransikan aset tersebut  untuk melindunginya dari resiko yang mungkin terjadi misalnya pencurian, kerusakan, kecelakaan hingga bencana alam. 

Dengan mengasuransikan aset yang dimiliki, kita bisa menjalankan usaha dengan lebih tenang karena tidak perlu mengkhawatirkan resiko yang mungkin terjadi pada aset yang dimiliki oleh usaha tersebut karena bila resiko itu terjadi, pihak asuransi akan menanggung semua kerugian yang ada.

3. Menjadi pengusaha yang lebih berani

Dengan adanya asuransi usaha yang melindungi usaha yang sedang kita kembangkan, kita jadi lebih berani dalam mengambil keputusan terutama untuk semakin berkembangnya usaha yang kita jalankan. Berbagai keraguan yang muncul karena segenap resiko yang kita temui bisa terbackup oleh asuransi usaha yang membuat kita lebih yakin untuk melangkah maju dalam mengembangkan usaha dengan lebih maksimal.

4. Pondasi usaha bisa lebih kokoh

Dengan adanya perlindungan asuransi pada usaha yang kita jalankan, usaa kita jadi punya pondasi yang lebih kokoh untuk melawan semua resiko yang mungkin terjadi. Dengan adanya pondasi yang kokoh kita bisa jadi lebih fokus dalam inovasi dan pengembangan usaha karena segenap resikonya sudah diantisipasi oleh asuransi.

5. Jaminan dalam pengiriman barang

Usaha berbasis online yang kini sedang sangat berkembang sangat bergantung pada proses pengiriman barang. Ketepatan waktu dalam proses pengiriman menjadi salah satu factor penentu dalam kesuksesan usaha berbasis online tersebut. Disini asuransi usaha bisa menjadi jaminan produk yang kita kirimkan bisa diterima konsumen dengan baik dan tepat waktu. Selain itu asuransi usaha juga menjamin perlindungan produk yang dikirim dari kerusakan dan kehilangan. 

Itulah pentingnya asuransi usaha yang harus diketahui oleh para pengusaha untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi dalam proses berkembangnya usaha yang dijalankan.